Sabtu, 11 Juni 2011

Seminar Internasional : National Character Building and Sustainable Development

Tidak terasa sudah satu semester saya secara rutin menulis blog ini. Setiap minggunya saya selalu mem-posting materi-materi yang saya dapat dari kelas Kapita Selekta. Blog Kapita Selekta kali ini, diakhiri dengan postingan saya mengenai ringkasan dan inti dari Seminar Internasional : National Character Building and Sustainable Development yang diadakan pada tanggal 27 Mei 2011, di Auditorium Kampus 1 Universitas Tarumanagara.Seminar ini dapat diadakan berkat kerjasama antara Universitas Tarumanagara dengan UPF (Universal Peace Federation) dan ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi).


Begitu banyak pembicara yang hadir pada saat seminar guna menyampaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan materi seminar. Pada dasarnya seminar ini mempunyai tujuan agar para partisipan dapat memahami bagaimana sesungguhnya cara membangun kepribadian para generasi muda yang nantinya akan membangun karakter bangsa. Dengan Bapak Heintje Hendriek Daniel Tamburian sebagai moderator, seminar berjalan dengan cukup baik.


"Good Character : Educated and Performances."
oleh : Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA (Menteri Pendidikan dan Keagamaan)

Menjelaskan tentang keseimbangan antara pekerjaan, pendidikan, tanggung jawab dan rasa hormat akan membentuk sebuah karakter yang baik. Melalui pendidikan, maka diharapkan karakter baik seseorang dapat ditanamkan sejak dini, seperti etika dan nilai-nilai kehidupan. Nilai etika berupa kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, kehormatan untuk diri sendiri dan orang lain, sedangkan nilai hidup berupa ketekunan, usaha yang baik, dan berpikir kritis.  Harapan masa depan untuk menghasilakn generasi baru yang cerdas dan kompetitif, melalui peningkatan kecerdasan terutama perbaikan dalam bidang pendidikan menjadi fokus pembangunan pendidikan pada periode 2010-2014 ini.


“Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan”
oleh : Mrs. Mee Young Choi (UNESCO)


4 hal yang ditekankan dan menjadi pilar dalam pendidikan, yaitu :


1.     Learning to know (belajar untuk tahu)


2.     Learning to be (belajar untuk menjadi)


3.     Learning to live together (belajar untuk hidup bersama)


4.     Learning to do and to transform oneself and society (belajar untuk


melakukan dan mengubah diri sendiri dan masyarakat)


Keempat hal diatas merupakan tolak ukur dalam sebuah pendidikan berperan


penting dalam proses pembangunan karakter sebuah bangsa. Pendidikan


menjadi sebuah faktor penting dalam membentuk karakter seseorang, walaupun


memang ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi hal tersebut. 






“Pendidikan Karakter Sebagai Pondasi untuk Kepemimpinan yang Baik, Komunikasi, dan Pembangunan Bangsa”


oleh : 
Mrs.Ursula McLackland (Universal Peace Federation-UFC)


Lingkungan keluarga yang baik akan menciptakan karakter seseorang juga menjadi baik. Karena keluarga dan lingkungan merupakan hal  yang paling dekat dengan kehidupan seseorang, sudah pasti keduanya sangat berpengaruh terhadap karakter seseorang.

Pada dasarnya, untuk berperilaku baik, yang diperlukan adalah :

·        Head (kepala) : untuk mengetahui mana yang baik.

·        Heart (hati) : untuk peduli terhadap apa yang baik.

·        Hand (tangan) : untuk melakukan apa yang baik.

Ada beberapa hal yang cukup mempengaruhi perubahan karakter seseorang, yaitu alkohol dan obat-obatan dan pengaruh perkembangan media yang semakin pesat. Selain itu didalam lingkungan keluarga ada dua hal yang dapat menyebabkan karakter seseorang berubah yaitu perceraian serta seks di luar nikah.





"Model Pengembangan Kepribadian Terintegrasi"

oleh : 
Mrs. Multamia RMT Lauder


 Metode pengembangan kepribadian terintegrasi  dilakukan melalui tiga tahap yaitu :
·        Diawal, mahasiswa baru mendapatkan pendidikan pengembangan kepribadian terintegrasi ‘soft skills’
·        Ditengah, mahasiswa kuliah deprogram studi masing-masing
·        Di akhir, mahasiswa mengikuti kuliah kerja nyata (K2N) di pulau-pulau terluar/terpencil untuk menerapkan ilmu dan kemampuan ‘soft skills’
Setelah melewati ketiga tahapan tersebut diharapkan mahasiswa yang mendapatkan pendidikan pengembangan kepribadian secara terintegrasi dapat menjadi lebih :
·        Lebih aktif
·        Lebih mandiri
·        Lebih mampu mencari solusi
·        Lebih kooperatif
·        Lebih berprestasi 
(jumlah lulusan yang mendapatkan predikat cum laude cenderung meningkat dari tahun ke tahun).

Tujuan at
au sasaran awal dari metode tersebut ialah untuk meningkatkan Kecakapan belajar (learning skills), kemampuan berpikir (thinking skills), cara menyelesaikan masalah (problem solving skills), bagaimana bekerja sama dalam berkelompok (teamwork skills), kemampuan komunikasi (communication skills), serta kemampuan dalam bidang teknologi informasi (IT and search skills). Diharapkan dengan melaksanakan metode tersebut seorang mahasiswa dapat memiliki bekal yang cukup dan dapat mengembangkan kepribadian mereka menjadi lebih baik. 




"P
entingnya Konstruksi dari Kepemimpinan Melalui Perspektif Gender"



oleh : M
rs. Suzy S. Azeharie


Seorang wanita biasanya jarang menerima posisi yang penting dalam perusahaan. Jadi sebenarnya jika kita berbicara mengenai kepimpinan maka kita akan bicara mengenai seorang pria, walaupun sebenarnya ada pemimpin-pemimpin wanita namun keberadaan mereka terkesan tidak dianggap. Wanita dianggap sebagai seorang yang merepresentasikan seorang pekerja rumah tangga yang harus melayani suami. Jadi masih terdapat diskriminasi dalam kepemimpinan. Hal ini mungkin terjadi karena Negara yang masih bersikap patriatik, sehingga terkesan kaku dalam membagi public dan domestic dan yang dirugikan adalah seorang wanita.  




"In
i
siatif Pendidikan Karakter"

oleh : 
Mr. David McLackland (Universal Peace Federation-UFC)
Pendidikan karakter menurut FW Foerster (1869-1966) bertujuan untuk mengembangkan karakter seseorang melalui metode belajar dan pembelajaran yang diharapkan mampu menata pola pikir dan cara pandang serta sikap dalam pergaulan dan kehidupan. Karakter yang baik akan terbentuk seiring dengan pembelajaran yang telah mereka terima.

Conclusion 
Pada dasarnya pembentukan kepribadian seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, situasi dan kondisi, seperti pergaulan, keluarga, ada yang dilihat, dsb. Namun yang menjadi dasar utama dari pembentukan kepribadian seseorang adalah keluarga. Jika keluarga tempat dia tinggal penuh dengan kasih, saling berbagi dan saling mencintai, hal itu akan membawa dampak positif bagi kepribadian seseorang. Karakter yang terbentuk adalah orang yang juga penuh kasih sayang dan peduli terhadap sekita, serta tidak arogan.
Nah, pribadi-pribadi seperti diataslah yang sebetulnya sangat diperlukan oleh bangsa kita, Indonesia dalam rangka membangun karakter bangsa yang baik. Hendaknya generasi muda penerus bangsa memiliki kepribadian yang baik, yang memahami sesama dan dapat berpikir kritis untuk menghadapai masalah-masalah yang kian lama kian kompleks dan rumit.
Kita semua selaku individu terpelajar, haruslah memiliki kepribadian sebagaimana mestinya, agar bangsa kita ini dapat bangkit dari keterpurukan dan dapan berkembang menjadi negara yang maju dan berkualitas dalam berbagai aspek.

Sumber :
·        Ringkasan dari Seminar Internasional
·        www.google.com
·        www.youtube.com
·        http://www.upf.org/


Selasa, 31 Mei 2011

Advertising Photography - oleh :Bapak Didit Anindita (25 Mei 2011)

Pada pertemuan terakhir di kelas Kapita Selekta, Bapak Didit Anindita lah yang menjadi pembicaranya. Bapak Didit Anindita adalah seorang Fotografer Profesional Indonesia yang memfokuskan dirinya untuk memotret foto untuk iklan, atau biasa disebut sebagai advertising photography atau fotografi periklanan.




Fotografi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "Fos" yang berarti Cahaya dan "Grafo" yang artinya Melukis/menulis. Atau dapat dikatakan fotografi merupakan proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.


Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).


Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).
Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Advertising Photography memiliki arti sebagai foto yang diambil untuk keperluan mempromosikan sebuah produk atau jasa. Foto-foto periklanan dibuat dengan tujuan untuk mengiklankan sebuah produk. Advertising photography sendiri terbagi menjadi :


- Journalism Photography
Merupakan bentuk khusus dari jurnalisme (mengumpulkan, mengedit, dan menyajikan bahan berita untuk diterbitkan atau disiarkan) yang menciptakan gambar agar dapat menceritakan sebuah kisah berita. Dalam foto jurnalisme, harus ada 4 unsur mutlak, yakni siapa (who), mengapa (why), dimana (where), dan kapan (when). dalam foto jurnalisme, pada dasarnya kualitas foto bukan merupakan hal utama, yang penting dalam foto jurnalis adalah moment yang tertangkap dalam foto tersebut.




- Food Photography
Dalam food photography, hal yang paling penting adalah WARNA. Warna yang terkandung di dalam foto harus menarik perhatian calon konsumen, sehingga dapat meningkatkan selera makan orang-orang yang melihatnya. Food photography merupakan foto iklan yang dibuat khusus dalam bidang pangan (makanan).




- Still Life Photography
Still life photography menggambarkan subjek mati, biasanya benda biasa, baik yang alami atau buatan manusia. Iklan produk (benda mati) termasuk ke dalam golongan ini. Dalam menangani still life photography, sang fotografer harus dapat menampilkan ekspresi dari benda mati tersebut yang biasa dikenal dengan istilah "Expresive Power of Photography".  Disini maksudnya fotografer harus dapat menghasilkan foto yang mengandung warna yang menarik dengan lighting yang juga baik.





- Fashion Photography
Fashion photography biasanya menggabungkan unsur produk dengan model. Fotografer disini dibayar lebih karena permintaan agar fotografer dapat mempengaruhi calon konsumen untuk membeli item yang dijual dan menggabungkan keindahan model dalam gambar. Fashion fotografi seperti pekerjaan ditampilkan di Harper's Bazaar menekankan pakaian dan produk lainnya, serta ada yang menekankan pada sisi glamour, yakni pada model dan bentuk tubuh. fotografi. Dalam mengerjakan fashion photography biasanya fotografer dibantu pleh beberapa pihak, yakni model, stylish, penata gaya, make up artist, art director, klien, dan seorang asisten.






- Sport Photography
Dalam sport fotografi, olahraga yang ditekankan. jadi sport photography di sini berisikan moment-moment penting dalam dunia olahraga. Seperti misalnya saat Tyson menggigit telinga Holyfield, atau saat Spanyol mengangkat piala saat menjadi juara dalam kejuaraan World Cup tahun 2010 kemarin.



- Architecture Photography
Objek utama dalam architecture photography adalah bangunan. Dalam architecture photography, angle yang diambil harus tepat, karena jika foto bangunan diambil dari angle yang salah, gambar yang dihasilkan bisa tidak sesuai dengan yang aslinya (biasa disebut distorsi/terlihat miring).




- Children Photography
Objek utama dalam children photography tentu saja anak-anak. Untuk menggeluti spesialisasi children photography, faktor utama yang diperlukan hanyalah kesabaran dalam memahami karakter anak yang akan difoto. Forografer harus memiliki kemampuan untuk membangun suasana hati si anak agar mau berekspresi sesuai yang diinginkan oleh fotografer.





Dalam dunia fotografi, fotografer haruslah mengenal istilah "Rule of Third"Rule of third atau aturan 1/3 bagian adalah petunjuk bagaimana caranya memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Tehnik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan obyek kedalam satu frame, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu.Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab tidak selamanya penempatan obyek di 1/3 bagian foto itu nikmat untuk dilihat bergantung dari obyek dan hasil foto yang dihasilkan oleh fotografer.


Secara pribadi saya memang menyukai fotografi dan memang ingin mempelajari fotografi secara lebih dalam. Menurut saya, dalam mengambil gambar, bukan hanya skill yang diperlukan, namun objek yang diambil juga harus mendukung. Tidak hanya mata dan tangan yang bekerja, namun hati dan perasaan juga harus bekerja pada saat mengambil gambar. Foto yang diambil dengan perasaan pasti akan mengandung kesan yang lebih dalam dan hal ini sangat berpengaruh dalam advertising photography yang memiliki tujuan utama untuk mengiklankan suatu produk. Menurut saya, fotografi merupakan salah satu cara yang paling ampuh dan efektif dalam mengiklankan suatu produk. Tidak heran, semakin banyak fotografer muda yang bermunculan sekarang ini.

Selasa, 24 Mei 2011

Catalyst for Good Corporate Governance (Company Secretary) - oleh : Bapak Wijaya Kusuma .S ( 18 Mei 2011)

Company Secretary pada dasarnya mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Pada umumnya, Company Secretary tergolong posisi yang senior di dalam sebuah perusahaan. Company Secretary bertanggung jawab atas administrasi dalam sebuah perusahaan, terutama berkaitan dengan memastikan kepatuhan yang berkaitan dengan peraturan perundangan yang berlaku di perusahaan dan untuk memastikan bahwa keputusan Dewan Direksi dilaksanakan.






Company Secretary juga mewakili perusahaan dalam bidang hukum dan memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan dan direksi perusahaan beroperasi sesuai dengan peraturan yang ada. Dalam berkomunikasi dengan para pemegang saham,perusahaan tempatnya bekerja dan untuk memastikan bahwa dividen yang dibayar serta untukmemelihara catatan perusahaan, seperti daftar direksi dan pemegang saham, dan laporan tahunan, semuanya merupakan tanggung jawab Secretary Company.






Selain tanggung jawab diatas, Company Secretary juga bertugas untuk menyimpan data-data perusahaan secara hati-hati. Apabila company secretary membocorkan suatu data sampai data tersebut diketahui oleh orang lain,maka akan Company Secretary akan mendapatkan sanksi karena dianggap telah merugikan perusahaan.
Di banyak negara, perusahaan swasta secara tradisional telah diwajibkan oleh hukum untuk menunjuk satu orang sebagai Company Secretary. Pembentukan dan pelestarian citra juga menjadi salah satu fungsi dari Company Secretary.
Pada dasarnya, seorang Company Secretary memiliki 4 tugas utama, yaitu :

1. Office of The Board
Memastikan ketersediaan informasi dalam pengambilan keputusan oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi.
- Memastikan kehadiran peserta rapat.

2. Compliance
Menyampaikan semua kebijakan dan peraturan perusahaan terhadap seluruh staff perusahaan.

3. Investor Relations
Memastikan informasi diterima oleh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris tepat waktu.
- Menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh pemegang saham.



4. Corporate Communications
Membantu pelaksanaan program perusahaan.
- Membangun citra positif perusahaan.


*Open this link for video "The Role of a Company Secretary - What is the Company Secretarial function?"

http://www.youtube.com/watch?v=U_ww1IXEJGY




Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa ternyata Company Secretary tidak sama dengan sekretaris pada umumnya. Company Secretary memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup banyak dan kompleks. Seorang Company Secretary haruslah memiliki skill yang baik dalma beberapa aspek. Dalam segi komunikasi, Company Secretary harus bisa berkomunikasi dengan baik, karena mereka merupakan penguhubung perusahaan dengan para pemegang saham. Selain itu, Company Secratary juga bertindak sebagai Public Relations yang bertugas untuk membentuk serta mempertahankan citra perusahaan.

Tanggung jawab yang tinggi juga tentu saja menjadi tuntutan seorang Company Secretary. Tanggung jawab yang sangat besar, yakni memegang semua rahasia perusahaan. Seorang Company Secretary haruslah teguh pendirian dan tidak mudah dihasut atau dipengaruhi oleh pihak lain.


Setelah pembahasan diatas, siapa yang tertarik menjadi Company Secretary?







Selasa, 17 Mei 2011

Era New Media dan Perkembangan - oleh : Bpk. Suwarjono ( 11 Mei 2011)

New Media adalah saluran-saluran atau perantara-perantara baru dalam penyampaian informasi yang ada sekarang ini, yakni di abad 20-an. New media yang ada saat ini sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. jarak, dan waktu sudah tidak lagi menjadi masalah dalam dunia informasi, transportasi maupun komunikasi.
Media yang saat ini banyak digunakan adalah :
1. Handphone / Smartphone 
Disebut juga telepon genggam atau telepon selular, merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.
Dewasa ini, peranan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan Primer Sehari-hari, berikut kategori ponsel berdasarkan Fungsi :
Ponsel Bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar "smartphone". Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
Ponsel Hiburan Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki varian nya tersendiri, seperti Ponsel Musik, Ponsel Kamera, dan Ponsel Internet Sosial.
Ponsel Fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan "seadanya". Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah.
Ponsel Standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.
Telepon pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupaikomputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon pintar hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik built-in maupun eksternal) dan konektor VGA. Dengan kata lain, telepon pintar merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon.
Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa kemana-mana membuat kemajuan besar dalam prosesor, memori, layar dan sistem operasi yang di luar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini.
2. Komputer / Laptop
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Laptop merupakan komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber dayanya berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
 
3. Internet
Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Dalam dunia internet, dikenal juga SOCIAL MEDIA yang juga merupakan new media yang paling sering digunakan di masa kini. Beberapa contoh sosial media yang sering digunakan adalah :
- Facebook 
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnyaa. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

- Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblogsehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
 
 
- Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Seperti yang digunakan untuk mengepost tugas ini, saya menggunakan blog pribadi saya.
Dalam New media, seseorang dapat menyajikan semua jenis informasi, membuat convergent journalism  menjadi trend dan penggunalah yang menjadi pengatur informasi. 
New media telah menjadi trend saat ini dan menjadi media yang paling diminati dan disenangi oleh masyarakat. sebagi contoh : Facebook, di Indonesia memiliki pengguna dengan jumlah yang sangat banyak kedua setelah United State sebesar 33.920.020 anggota. Facebook begitu diminati di Indonesia karena jangkauan internet yang sekarang sudah semakin luas sampai ke daerah pelosok-pelosok.pengguna facebook di Indonesia didominasi oleh remaja berusia 18 tahun - 24 tahun (35%) serta dengan perbndingan 59% pria dan 41% wanita.
 
 
Mengapa New Media Berkembang ?
- Tarif semakin murah
- Jaringan global
- Teknologi mampu menampilkan semua jenis informasi
- Bisnis media online tumbuh
- Akses mobile tumbuh 
 
New Media :
- Era baru media
- Menyajikan semua jenis informasi
- Convergent Journalism jadi trend
- Proses produksi cross media
- Pengguna menjadi pengatur informasi (user generate content)


Ketahui karakter online :
- Content/platform is the king?
- User behavior
- Statistic (trafic yinggi dan iklan)
- Marketing (jitu)
- Technology (gratisan, dll)
- Make money (ide kreatif)
- Culture (dunia cepat berubah, disesuaikan)


Karakter Online :
- ruang/tempat tidak terbatas
- penyajian bisa berbentuk teks, foto, video, audio, maupun info grafik
- periodisasi terbit 60/24/7
- Interaktif/forum/social network



Conclusion 
Tidak dapat dipungkiri lagi, era new media sudah sangat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan kita, terutama dalam bidang informasi, transportasi, dan komunikasi. Jarak dan waktu sudah bukanlah lagi merupakan halangan atau kendala dalam berkomunikasi. Dengan adanya teknologi yang sudah mendunia dan dapat digunakan siapa saja, simana saja, rasanya semua informasi dapat kita dapatkan. Dengan hanya pengorbanan materi yang tidak terlalu besar, kita dapat mengetahui informasi dari dunia luar. Tidak melulu hanya menyimak berita dalam negeri, berita dari luar negara kita pun dapat kita dapatkan. Terlebih dengan adanya smartphone seperti Blackberry dan iPhone, akses internet dapat dengan mudah didapatkan dimana saja.


Dengan adanya kemajuan media yang sangat pesat ini, kita seharusnya dapat memanfaatkan semua itu dengan baik dan menggunakannya untuk hal-hal yang positif.
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
I'm either doing the best or doing nothing and i don't give a shit about others thing.. Facebook : Chiput Handayani Twitter : @chiputriHG http://chapchipchupchop.tumblr.com/ http://weheartit.com/chiputriHG